Minggu, 31 Maret 2013

25 TIPS PENGGUNAAN ANDROID

tips singkat untuk
memaksimalkan ponsel-ponsel dengan
sistem operasi android.


1. Android saya terus menerus
menyedot pulsa, apa yang bisa saya
lakukan?
Silahkan Anda masuk ke menu
“Setting” > Wireless & network >
Mobile network setting . Hilangkan
tanda centang di bagian Data enabled
untuk mematikan koneksi internet,
jika Anda butuh koneksi tinggal
centang kembali.


2. Apakah saya bisa menginstal file
diluar Android Market?
Bisa. Silahkan Anda masuk ke menu
“Setting” > Application. Beri tanda
centang pada menu Unknown
Source supaya aplikasi yang berasal
dari luar Android Market dapat diinstal.
Masukkan File Installer Android
(biasanya berekstensi apk) ke dalam
memori ponsel atau kartu memori.
Dengan menggunakan aplikasi pencari
file seperti ES File Explorer (free – bisa
diunduh di Android Market), buka File
Installer tersebut, maka proses
instalasi akan langsung berjalan.


3. Bagaimana cara upgrade OS secara
langsung dari ponsel Android?
Silahkan masuk ke menu “Setting” >
About phone > System updates.
Jika ada Upgrade Android terbaru,
ponsel Anda akan langsung
melakukan instalasi. Fasilitas ini tidak
berlaku untuk semua ponsel Android
dan yang memiliki fasilitas Instal
langsung via internet (OTA – on the
air).


4. Bagaimana cara menggabungkan
kontak FB dan Twitter saya dengan
kontak yang ada di ponsel?
Silahkan masuk ke menu “Setting” >
Account and Sinc, kemudian pilih
akun yang akan disinkronisasikan dari
daftar akun. Selanjutnya pilih Sync
Contact. Selain FB dan Twitter, Anda
juga bisa menambahkan Contact dari
akun lain (misal Whatsapp dan Yahoo).


5. Bagaimana supaya Android saya
tidak boros baterai?
Silahkan lihat tipsnya 8 Tips
Menghemat Baterai Android.


6. Darimana saya tahu versi Android
saya?
Silahkan masuk ke menu “Setting” >
About phone, akan terlihat spesifikasi
ponsel Anda disana.


7. Apakah Android saya mendukung
format flash? Bagaimana cara
mengetahuinya?
Silahkan buka situs m.youtube.com
dan coba mainkan salah satu video
disana. Jika tidak bisa, silahkan instal
aplikasi Flash Player yang dapat
diunduh di Android Market. Jika tidak
ada di menu atau tidak dapat diinstal
berarti ponsel Android Anda memang
tidak mendukung format flash.


8. Bagaimana cara mempartisi kartu
memori?
Anda akan memerlukan sebuah
komputer ber-OS Windows, card-
reader (atau bisa juga dengan
memakai ponsel Android) dan software
MiniTool Partition Wizard yang
dapat diunduh gratis di http://
www.partitionwizard.com/free-partition-
manager.html.


9. Bagaimana cara agar ponsel Android
saya bisa memainkan beragam format
video?
Anda bisa mencoba menginstal
aplikasi video player alternatif seperti
Qqplayer, Vplayer, atau Moboplayer.
Semua tersedia secara gratis dan
dapat diunduh di Android Market.


10. Apakah Android saya bisa
diupgrade ke versi 4.0 atau Ice Cream
Sandwich?
Ice Cream Sandwich butuh spesifikasi
harware yang lumayan tinggi. Mungkin
Anda akan kecewa karena Android
Anda bakal mentok di versi Android
tertentu. Untuk mengeceknya,
silahkan masuk ke website offisial dari
produsen Android Anda.


11. Bagaimana cara mengatasi
Android saya pada saat menggunakan
navigasi Maps Google terkadang tidak
menunjukkan lokasi yang semestinya?
Selain memiliki modul GPS, untuk
ketepatan penentuan lokasi sebaiknya
Anda juga mengaktifkan koneksi
internet. Silahkan masuk ke menu
“Setting” > Location & security.
Kemudian centang menu “Use wireless
networks” dan “Use GPS Satelites”.
Aktifkan GPS di ruang terbuka untuk
menambah akurasi lokasi.


12. Bagaimana cara saya melihat
aplikasi gratis yang bagus dan layak di
Android Market?
Di Android Market terdapat fasilitas
review, rating dan comment. Dan
terlihat berapa orang yang telah
mendownload aplikasi tersebut. Jika
rating dan komentarnya bagus, juga
jumlah pendowloadnya banyak, berarti
aplikasi tersebut cukup populer dan
layak Anda unduh.


13. Bagaimana cara mengaktifkan foto
yang diambil dari kamera ponsel
Android saya dapat menyimpan data
lokasi (Geotag)?
Silahkan masuk ke menu “Setting” >
Tag location. Settinglah dalam posisi
On, maka semua foto yang Anda ambil
akan menyimpan info lokasi
pengambilan gambar.


14.Bagaimana cara agar aplikasi FB
untuk Android dapat menampilkan
status send via Android?
Aplikasi FB untuk Android saat ini
memang tidak lagi menampilkan
status via Android.


15. Apakah aplikasi Android aman dari
virus?
Jika Anda unduh aplikasi dari Android
Market, maka sudah terjamin aman.
Yang beresiko adalah aplikasi dari luar
Android Market atau aplikasi store
resmi dan aplikasi yang telah dibajak/
dicrack.


16. Apakah aman saya mencabut
langsung memori dalam keadaan
ponsel hidup?
Sebaiknya jangan dilakukan. Ini akan
mengakibatkan umur kartu memori
berkurang dan cepat rusak. Jika Anda
memiliki fasilitas hotswap, sebelum
mencabut memori masuklah ke menu
“Setting” > SD Card & Phone
Storage , kemudian tekan menu
“Unmount SD Card”.


17. Bagaimana cara memindahkan
aplikasi dari memori ponsel Android ke
kartu memori eksternal?
Silahkan masuk ke menu “Setting” >
Applications > Manage
Applications . Anda akan melihat
deretan aplikasi yang telah Anda
instal. Pilih salah satu yang ingin Anda
pindahkan dengan cara mengkliknya.
Jika kompatibel, akan muncul pilihan
move to SD Card. Tekan menu
tersebut, maka aplikasi Anda akan
berpindah ke kartu memori.


18. Bagaimana saya mengetahui
aplikasi apa saja yang sedang berjalan
dan bagaimana cara
menghentikannya?
Silahkan masuk ke menu “Setting” >
Application. Masuk ke menu
“Running”. Setelah loading akan
mucul data aplikasi apa saja yang
sedang berjalan. Untuk mematikannya
cukup tekan menu “stop”.


19. Bagaimana supaya Android saya
aman digunakan saat berkendara?
Gunakan craddle untuk mobil/sepeda
motor/sepeda. Aktifkan aplikasi Car
Home (bawaan Android) sehingga
menu akan mudah terlihat dan mudah
digunakan satu tangan. Tidak
disarankan untuk berkendara
sambil menggunakan ponsel.


20. Bagaimana saya bisa memberitahu
teman tentang lokasi dimana saya
berada?
Anda bisa gunakan Google Latitude
(bawaan Android). Caranya klik profil
Anda di Google Latitude kemudian
pilih send location to other.


21. Bagaimana cara menginstal
Android saya di komputer (terkoneksi
internet), walaupun tanpa ponselnya?
Silahkan masuk ke situs
www.market.android.com, lakukan
login dan pilihlah aplikasi yang hendak
di instal. Klik tombol instal, kemudian
akan muncul jendela konfirmasi, klik
tombol instal. Jika ponsel Android Anda
dalam keadaan hidup dan terkoneksi
internet, ponsel akan secara otomatis
mendownload dan menginstal aplikasi
yang Anda pilih di komputer.


22. Apakah aman saya mencharge
ponsel Android terus menerus?
Sebaiknya jangan dilakukan. Ini
mengakibatkan supaya baterai Anda
awet dan tidak cepat
menggelembung. Sebaiknya cabut
charger setelah penuh.


23. Bagaimana cara mengatur
keamanan supaya tidak sembarang
orang bisa membuka ponsel saya?
Anda cukup menekan tombol power /
on-off, namun tombol jangan ditahan,
layar akan mati dan telepon akan
otomatis terkunci. Untuk menamabah
variasi pnguncian tombol, Anda bisa
menggunakan aplikasi pengunci
tombol yang dapat Anda unduh di
Android Market dengan gambar
pattern yang unik dan sesuai selera
Anda.


24. Bagaimana saya bisa membuka
lock ponsel jika saya lupa password
atau gambar pattern saya?
Setelah mencoba tunggu sampai 30
detik, kemudian coba lagi. Jika masih
belum mampu mengingat patternya,
akan muncul menu “forgotten
pattern”. Masukkan alamat email
gmail dan password Anda untuk
membukanya.


25. Bagaimana cara meningkatkan
keamanan Android saya dari serangan
virus Android?
Anda punya banyak pilihan aplikasi di
Android Market. Kebanyakan gratis
dan berukuran kecil seperti Netqin,
Antivirus Free, Dr. Web, Anti Virus Pro,
Norton Security, Lookout Security,
Zooner Anti Virus, Bitdefender dan
masih banyak lagi. Silahkan pilih mana
yang dirasa paling cocok untuk Anda

Semoga Infonya Bermanfaat bagi
Anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar